Sistem Informasi Penelusuran Perkara
PENGADILAN NEGERI PALU
INFORMASI DETAIL PERKARA



Nomor Perkara Penuntut Umum Terdakwa Status Perkara
20/Pid.Sus-TPK/2025/PN Pal RINTO HASAN, S.H., M.H. SALMAN SIMEON Alias SALMAN Persidangan
Tanggal Pendaftaran Kamis, 26 Jun. 2025
Klasifikasi Perkara Tindak Pidana Korupsi
Nomor Perkara 20/Pid.Sus-TPK/2025/PN Pal
Tanggal Surat Pelimpahan Rabu, 25 Jun. 2025
Nomor Surat Pelimpahan B- 1228/P.2.14/Ft.1/06/2025
Penuntut Umum
NoNama
1RINTO HASAN, S.H., M.H.
Terdakwa
NoNamaPenahanan
1SALMAN SIMEON Alias SALMAN[Penahanan]
Penasihat Hukum Terdakwa
Dakwaan

PRIMAIR :

----- Bahwa ia Terdakwa SALMAN SIMEON selaku Pejabat Kepala Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala tahun 2015 s.d. tahun

2021 yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Bupati Donggala dengan Nomor: 188.45/0766/BPMPD/2015 tanggal 28 Desember 2015 tentang Pemberhentian Pejabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah periode 2015-2021 yang ditandatangani oleh Kasman Lassa selaku Bupati Kabupaten Donggala,  pada waktu yang tidak dapat ditentukan lagi pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 bertempat di Kantor Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Palu yang berwenang memeriksa dan mengadili perkara berdasarkan ketentuan Pasal 35 ayat (2) Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bahwa “daerah hukum Pengadilan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi daerah hukum provinsi yang bersangkutan” dan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 153/KMA/SK/X/2011 tanggal 11 Oktober 2011 bahwa Pengadilan Negeri Palu ditunjuk sebagai Pengadilan Tindak Pidana Korupsi meliputi daerah hukum Provinsi Sulawesi Tengah, “telah melakukan beberapa perbuatan secara berlanjut sehingga merupakan beberapa kejahatan yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara”, yang dilakukan Terdakwa SALMAN SIMEON dengan cara sebagai berikut : ------------------------

  • Bahwa pada tahun 2019, Pemerintah Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah  menerima anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 1.342.540.000,- (satu milyar tiga ratus empat puluh dua juta lima ratus empat puluh ribu rupiah) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terdiri dari Dana Desa sebesar Rp. 866.800.000,- dan dana non DD sebesar Rp. 475.740.000,- (Empat ratus tujuh puluh lima juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah). Kemudian dari Dana Desa sebes`ar Rp.  866.800.000,- (Delapan ratus enam puluh enam juta delapan ratus ribu rupiah) tersebut dialokasikan sebesar Rp.349.140.400,- (Tiga ratus empat puluh sembilan juta seratus empat puluh ribu empat ratus rupiah) untuk belanja Kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/ Prasarana Posyandu/Polindes/PKD. Adapun rincian anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 1.342.540.000,- (satu milyar tiga ratus empat puluh dua juta lima ratus empat puluh ribu rupiah) yakni sebagai berikut :

 

NO.

URAIAN KEGIATAN

ANGGARAN (Rp)

KETERANGAN

1

PENDAPATAN

  • Pendapatan Asli Desa
  • Pendapatan Transfer

 

20.000.000,00

1.322.540.000,00

 

 

 

JUMLAH PENDAPATAN

1.342.540.000,00

 

2

BELANJA

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAH DESA

 

Penyelenggaraan Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintah Desa

  • Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa

Belanja Pegawai

  • Penyediaan Penghasilan tetap dan tunjangan kepada Perangkat desa

Belanja Pegawai

  • Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa

Belanja Barang dan Jasa

  • Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll)

Belanja Barang dan jasa

  • Penyediaan Tunjangan BPD

Belanja Pegawai

  • Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll)

Belanja Barang dan Jasa

  • Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW

Belanja Barang dan Jasa

  • Lain-lain Sub Bidang Siltap dan operasional Pemerintah Desa

Belanja Barang dan Jasa

 

Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintah Desa

  • Penyediaan Sarana (Aset Tetap) Perkantoran/Pemerintahan

Belanja barang dan Jasa

Belanja modal

  • Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa

Belanja Barang dan Jasa

Belanja Modal

 

Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan

  • Pengelolaan Administrasi dan Kearsipan Pemerintah desa

Belanja Barang dan Jasa

 

BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA

Sub Bidang Pendidikan

 

  • Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah NonFormal Milik Desa (Honor,Pakaian dll)

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Belanja Modal

 

Sub Bidang Kesehatan

 

  • Penyelenggaraan Posyandu (mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insentif)

 

Belanja Barang dan Jasa

 

  • Pembangunan/Rehabilitas/Peningkatan/ Pengadaan Sarana/Prasaarana Posyandu/Polindes/PKD.

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Belanja Modal

 

Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

 

  • Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengerasan Jalan Usaha Tani.

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Belanja Modal

 

  • Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengerasan Jembatan Milik Desa.

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Belanja Modal

 

  • Pembuatan/Pemutakhiran Peta Wilayah dan Sosial Desa

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Sub Bidang Kawasan Pemukiman

 

  • Dukungan pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak layak Huni GAKIN

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Belanja Modal

 

  • Lain-lain Kegiatan Sub bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Sub Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup

 

  • Lain-lain Kegiatan Sub Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Belanja Modal

 

Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

 

  • Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (poster, Baliho dll)

 

Belanja Barang dan Jasa

 

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

 

Sub Bidang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat

 

  • Lain-lain Kegiatan Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat

 

Belanja Barang dan Jasa

 

Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan

 

  • Pengiriman Kontingen Group Kesenian & Kebudayaan (Wakil Desa tkt.kec/kab/kot)

 

Belanja Barang dan Jasa

 

  • Pemeliharaan Sarana Prasarana Kebudayaan, Rumah Adat dan Keagamaan

 

Belanja barang dan Jasa

 

Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat

 

  • Pembinaan Lembaga Adat

 

Belanja Barang dan Jasa

 

  • Pembinaan LKMDL/LPML/LPMD

 

Belanja Barang dan Jasa

 

  • Pembinaan PKK

 

Belanja Barang dan Jasa

 

  • Pembinaaan Lembaga Keagamaan (Pegawai Syara, Pemangku,Pendeta DL

 

Belanja Barang dan Jasa

 

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

 

Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

 

  • Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan

 

Belanja Barang dan Jasa

 

  • Lain-lain Kegiatan Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

 

Belanja Barang dan Jasa

 

 

 

 

394.110.000,00

 

319.018.000,00

 

30.000.000,00

 

30.000.000,00

 

155.640.000,00

155.640.000.00

7.704.000,00

 

7.704.000,00

48.065.500,00

 

48.065.500,00

43.200.000,00

43.200.000,00

4.168.500,00

 

 

4.168.500,00

15.840.000,00

15.840.000,00

14.400.000,00

 

14.400.000,00

 

39.762.000,00

18.792.000,00

 

3.500.000,00

15.292.000,00

20.970.000,00

 

6.905.000,00

14.065.000,00

 

12.000.000,00

 

23.330.000,00

 

23.330.000,00

 

877.338.000,00

53.330.000,00

 

53.330.000,00

 

34.130.000,00

 

19.200.000,00

 

377.720.000,00

 

28.580.000,00

 

28.580.000,00

 

349.140.000,00

 

 

 

105.433.000,00

 

 

243.707.400,00

 

272.113.000,00

 

 

180.090.000,00

 

 

125.645.000,00

 

54.445.000,00

 

57.023.000,00

 

 

16.038.000,00

 

40.985.000,00

 

35.000.000,00

 

 

35.000.000,00

 

126.949.600,00

 

 

 

105.949.600,00

 

 

 

21.209.600,00

 

84.740.000,00

 

21.000.000,00

 

 

21.000.000,00

 

45.000.000,00

 

45.000.000,00

 

 

20.000.000,00

 

25.000.000,00

 

2.225.000,00

 

 

2.225.000,00

 

 

2.225.000,00

 

95.429.980,00

 

16.830.000,00

 

 

16.830.000,00

 

 

 

16.830.000

 

22.800.000,00

 

13.800.000,00

 

13.800.0000

 

9.000.000,00

 

 

9.000.000,00

 

55.799.980,00

 

4.000.000,00

 

4.000.000,00

 

9.067.188,00

 

9.067.188,00

 

10.932.792,00

 

10.932.792,00

 

31.800.000,00

 

 

31.800.000,00

 

39.462.000,00

 

39.462.000,00

 

30.000.000,00

 

 

30.000.000,00

 

9.462.000,00

 

 

9.462.000,00

 

 

 

 

 

ADD

 

 

 

ADD

 

ADD

 

 

ADD

 

 

ADD

 

ADD

 

 

 

ADD

 

ADD

 

 

 

 

ADD

 

 

 

ADD

 

 

 

 

ADD

 

 

 

ADD

 

 

 

 

ADD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ADD

 

 

 

 

 

 

 

ADD

 

 

 

 

ADD

 

 

 

 

 

 

ADD

 

 

 

PAD

 

 

 

PAD

 

 

 

ADD

 

 

 

 

 

 

 

 

DDS

 

 

 

 

DDS

 

JUMLAH BELANJA

1.406.399.980,00

 

 

SURPLUS / (DEFISIT)

(63.799.980,00)

 

 

PEMBIAYAAN

Penerimaan Pembiayaan

 

63.800.000,00

 

 

PEMBIAYAAN NETTC

63.800.000,00

 

 

3

4

5

 

SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN

20,00

 

 

  • Bahwa berdasarkan Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Pemerintah Desa Mbulawa T.A. 2019 Tahap I, II dan Tahap III untuk belanja kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengadaan Sarana/Prasarana Polindes/PKD yang bersumber dari Dana Desa (DD) dengan anggaran sebesar Rp.349.140.400,00 (Tiga ratus empat puluh sembilan juta seratus empat puluh ribu empat ratus rupiah) dengan uraian sebagai berikut :
  • Tahap I sejumlah Rp.9.433.000,00 (Sembilan juta empat ratus tiga puluh tiga ribu rupiah);
  • Tahap II sejumlah Rp.86.909.300,00 (Delapan puluh enam juta sembilan ratus sembilan ribu tiga ratus rupiah);
  • Tahap III  sejumlah Rp. 244.953.100,00 (Dua ratus empat puluh empat juta sembilan ratus lima puluh tiga ribu seratus rupiah).

dan telah terealisasi sebesar Rp.341.295.400,00, sedangkan anggaran sebesar Rp.7.845.000,00 atas belanja modal pengadaan alat kesehatan berdasarkan laporan tahap III dialihkan untuk kegiatan pemeliharaan jalan desa yang dapat diuraikan sebagai berikut:

Kode Rek.

Uraian

APBDes 2019

Berdasarkan dokumen Laporan Realisasi Dana Desa (DDS)

Selisih

Tahap I

Tahap II

Tahap III

Jumlah

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7=4+5+6)

(8=3-7)

02.02.09

Pembangunan/Rehabilitasi/ Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana

Posyandu/Polindes/PKD

349.140.400,00

9.433.000,00

86.909.300,00

244.953.100,00

341.295.400,00

7.845.000,00

 

Belanja Barang dan Jasa

105.433.000,00

9.433.000,00

200.000,00

95.800.000,00

105.433.000,00

0,00

 

Upah Kerja

92.800.000,00

0,00

0,00

92.800.000,00

92.800.000,00

0,00

 

Honorarium Tim Panit ia/Pengelola

3.000.000,00

0,00

0,00

3.000.000,00

3.000.000,00

0,00

 

Belanja Honor Lainnya

9.433.000,00

9.433.000,00

0,00

0,00

9.433.000,00

0,00

 

Belanja Dekorasi dan Dokumentasi

200.000,00

0,00

200.000,00

0,00

200.000,00

0,00

 

Belanja Modal

243.707.400,00

0,00

86.709.300,00

149.153.100,00

235.862.400,00

7.842.000,00

 

Belanja Modal Bahan dan

Materail

235.862.400,00

0,00

86.709.300,00

149.153.100,00

235.862.400,00

0,00

 

Belanja Modal Pengadaan Alat Kesehatan

7.845.000,00

0,00

0,00

0,00

0,00

7.845.000,00

 

Adapun uraian atas realisasi pembayaran adalah sebagai berikut:

    1. Berdasarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahap I T.A. 2019 sumber Dana Desa (DD) sampai dengan 31 Agustus 2019 realisasi pembayaran untuk kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengadaan Sarana/ Prasarana Polindes/PKD sebesar Rp.9.433.000,00 dengan bukti pembayaran sebagai berikut:
      • Kwitansi pembayaran biaya pembuatan RAB dan Desain Gambar dibayarkan oleh Bendahara Desa (saksi Mardani) mengetahui PPKD (Sdr. Nurlina) kepada saksi Lukman (konsultan/tenaga teknis) sebesar Rp9.433.000,00 dipotong pajak (PPh) sebesar Rp565.980,00 diterima bersih sebesar Rp8.867.020,00 tanggal dan bulan kosong tahun 2019;
      • Bukti pembayaran nomor 00006/KWT/01.2014/2019 tanggal 4 Juli 2019 sebagai penerima saksi Lukman yang memberikan saksi Mardani (Kaur Keuangan) seb esar Rp.9.433.000,00 dipotong pajak (PPh) sebesar Rp.565.980,00 terima bersih sebesar Rp.8.867.020,00 untuk pembayaran Pembuatan RAB dan Desain Gambar.
    2. Sesuai Laporan Realisasi Dana Desa (DDS) Tahap II 2019 Sumber Dana Desa sampai dengan 31 Desember 2019 realisasi pembayaran untuk kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/ Prasarana Polindes/PKD adalah sebesar Rp96.342.300,00, dengan perincian sebagai berikut:

No.

Uraian

Rp

Tahap I

 

 

Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan

9.433.000,00

Tahap II

 

1

Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk

200.000,00

2

Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman

86.709.300,00

 

Sub Jumlah

86.909.300,00

 

Jumlah

96.342.300,00

Nota/bukti/dokumen pembayaran tahap II sebesar Rp.86.709.300,00 tidak ada (hanya berupa rekapitulasi).

    1. Berdasarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahap III T.A. 2019 sumber dana Dana Desa (DD) sisa pembayaran kegiatan Pembangunan/ Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana Polindes/PKD tahun 2019 sebesar Rp.244.953.100,00 sampai dengan 31 Januari 2020 telah dibayarkan seluruhnya, sesuai Surat Permintaan Pembayaran Nomor 0014/SPP/01.2014/2020 Tanggal 11 Januari 2020 sebesar Rp.244.953.100,00 yang ditandatangani oleh Pelaksana Kegiatan ”Saksi Suarni”, diverifikasi oleh Sekretaris Desa ”Saksi Hasiding”, dibayar Lunas oleh Kaur Keuangan ”Saksi Ni Made Meri Setyaningsih” dan disetujui oleh Terdakwa SALMAN SIMEON selaku Kepala Desa Mbulawa, Kec. Rio Pakava, Kab. Donggala, dengan perincian pembayaran sebagai berikut:

 

No.

Kutansi Nomor

Pembayaran

Nilai

PPn

PPh

Diterima

Penerima

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7=4-5-6)

(8)

1

00023/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Honor TPK 3 Org

3.000.000,00

0,00

180.000,00

2.820.000,00

I Wayan Losen

2

00024/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Pekerja

44.160.000,00

0,00

0,00

44.160.000,00

…...

3

00025/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Tukang

44.640.000,00

0,00

0,00

44.640.000,00

…...

4

00026/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Mandor

4.000.000,00

0,00

0,00

4.000.000,00

…...

5

00027/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Belanja Bahan baku/Material Non Pabrikasi

58.600.000,00

0,00

1.065.455,00

57.534.545,00

Agus

6

00028/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Belanja Bahan baku/Material Pabrikasi

87.303.100,00

7.936.646,00

1.190.497,00

78.175.957,00

Agus

7

00029/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Pembayaran Pembuatan

Prasasti

750.000,00

0,00

0,00

750.000,00

Agus

8

00098/KWT/01.2014/2020,

Tanggal 11/1/2020

Pembayaran Pembuatan

Papan      Nama Pustu

2.500.000,00

227.273,00

45.455,00

2.227.272,00

Agus

 

Jumlah

 

244.953.100,00

8.163.919,00

2.481.407,00

234.307.774,00

 

  • Selanjutnya Terdakwa SALMAN SIMEON sebagai Kepala Desa Mbulawa. Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah menerbitkan Surat Keputusan Kepala Desa Mbulawa menetapkan struktur pemerintahan Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah sebagai berikut :
  1. Struktur pemerintahan Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2019 :

No.

Nama

Jabatan

Surat Keputusan

Masa Kerja

Nomor

Tanggal

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

1

Hasiding

Sekdes

424-01/SKB/DMB/I-2019

05 Januari 2019

1 Tahun

2

Wilson

Kasi Pemerintahan

424-02/SKP/DMB/I-2019

05 Januari 2019

1 Tahun

3

Suarni

Kasi Pelayanan

4

Mardani

Kaur Umum

424-02/SKP/DMB/I-2019

02 Januari 2019

1 Tahun

5

Ni Made Meri Setyaningsih

Kaur Keuangan

6

Imam Muliono

Kepala Dusun I

424-03/SKP/DMB/I-2019

05 Januari 2019

1 Tahun

7

Wayan Losen

Kepala Dusun II

8

Pardin Pesa

Kepala Dusun III

9

Ritnawati Kedoa

Kepala Dusun IV

10

Inar Royana

Operator Komputer

424-05/SKP/DMB/I-2019

05 Januari 2019

1 Tahun

  1. Selanjutnya Kepala Desa Mbulawa, Terdakwa SALMAN SIMEON pada tanggal 09 Januari 2019, dengan Keputusan Kepala Desa Mbulawa Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2019, memutuskan:

i.

Kesatu

:

Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) yang terdiri atas:

  1. Sekretaris Desa;
  2. Kepala Urusan dan Kepala Seksi; dan
  3. Kaur Keuangan.

yang namanya sebagaimana tercantum dalam lampiran

yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Keputsan Kepala Desa ini.

 

ii.

Kedua

:

PPKD sebagaimana dimaksud pada Diktum Kesatu menerima pelimpahan sebagian kekuasaan pengelolaan keuangan  desa  dari  Kepala  Desa  selaku  Pemegang

Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD).

Sesuai lampiran Keputusan Kepala Desa Mbulawa tersebut, susunan PPKD adalah sebagai berikut:

 

No.

Nama

Jabatan Dalam PPKD

Jabatan Dalam

Pemerintah Desa

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Hasiding

Koordinator

Sekretaris Desa

2

Mardani

Bendahara

Kaur Keuangan

3

Amos Kohe

Pelaksana Kegiatan Penyelenggaraan

Pemerintahan

Kasi Pemerintahan

4

Nurlina

Pelaksana Kegiatan Bidang Pelaksanaan

Pembangunan

Kaur Kasi Pelayanan

5

Amos Kohe

Pelaksana Kegiatan Bidang Pembinaan

Kemasyarakatan

Kasi Pemerintahan

6

Nurlina

Pelaksana Kegiatan Bidang Pemberdayaan

Masyarakat

Kasi Pelayanan

  1. Struktur pemerintahan Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2021 :

No.

Nama

Jabatan

Surat Keputusan

Nomor

Tanggal

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1

Ni Made Meri Setyaningsih

Sekdes

140/01/Ds. MBLW/

Kec. Rio Pakava

16 Juni 2021

2

Mardani

Kepala Urusan

Keuangan

140/02/Ds. MBLW/

Kec. Rio Pakava

16 Januari 2021

3

Wilson

Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan

140/03/Ds.MBLW/

Kec. Rio Pakava

16 Juni 2021

4

Sely Kamase

Kepala Urusan Tata Usaha

140/05/Ds.MBLW/

Kec. Rio Pakava

16 Juni 2021

5

Imam Muliono

Kepala Ds I

140/08/Ds.MBLW/

Kec.Rio Pakava

10 Januari 2016

6

Wayan Losen

Kepala Ds II

7

Pardin Pesa

Kepala Ds III

8

Suarni

Kepala Ds IV

9

Ita Purnama Sari/Wati

Operator Komputer

140/16/Ds.MBLW/

Kec. Rio Pakava

10 Januari 2021

  1. Bahwa pada tanggal 4 April 2021 Kepala Desa Mbulawa Terdakwa SALMAN SIMEON dengan Keputusan Kepala Desa Mbulawa Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2021 memutuskan susunan PPKD sebagai berikut:

No.

Nama

Jabatan Dalam PPKD

Jabatan Dalam Pemerintah Desa

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Wilson

Koordinator

Sekretaris Desa

2

Mardani

Bendahara

Kaur Keuangan

3

Ridnawati

Kedoa

Pelaksana Kegiatan

Kasi Pemerintahan

4

Masna M Noor

Pelaksana Kegiatan

Kasi Kaur Pelayanan

5

Suarni

Pelaksana Kegiatan

Kaur Tata Usaha

  1. Struktur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah

No.

Nama

Jabatan

1.

Nikodemus Mandayo

Ketua BPD

2.

Semuel R

Sekretaris

3.

Wayan Aryana

Anggota

4.

Agusnawan

Anggota

5.

Haja

Anggota

  • Bahwa pada tahun 2021, berdasarkan Peraturan Kepala Desa Mbulawa Nomor 4 Tahun 2021 tanggal 4 April 2021 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Peraturan Kepala Desa Mbulawa Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala Nomor 6 Tahun 2021 tanggal 11 Oktober 2021 tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Mbulawa Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp.1.273.077.000,00 dengan uraian sebagai berikut :

Uraian Kegiatan

Anggaran (Rp.)

Sumber Dana

PENDAPATAN

Pendapatan Asli Desa

 

20.000.000,00

 

Hasil Usaha Desa

20.000.000,00

 

Lain-lain Hasil Usaha Desa

20.000.000,00

 

Pendapatan Transfer

1.253.077.000,00

 

Dana Desa

829.077.000,00

 

Dana Desa

829.077.000,00

 

Alokasi Dana Desa

424.000.000,00

 

Alokasi Dana Desa

424.000.000,00

 

Jumlah Pendapatan

1.273.077.000,00

 

BELANJA

Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

 

 

479.112.241,00

 

Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa (Maksimal 30% untuk kegiatan)

 

 

373.070.401,00

 

Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa

 

40.200.000,00

ADD

Belanja Pegawai

40.200.000,00

 

Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa

40.200.000,00

 

Penghasilan Tetap Kepala Desa

29.400.000,00

 

Tunjangan Kepala Desa

10.800.000,00

 

Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa

 

223.800.000,00

ADD

Belanja Pegawai

223.800.000,00

 

Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa

 

223.800.000,00

 

Penghaslan Tetap Perangkat Desa

223.800.000,00

 

Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD, Perlengkapan Perkantoran, pakaian

 

 

56.870.401,00

ADD, PBH

Belanja Barang dan Jasa

46.532.401,00

 

Belanja Barang Perlengkapan

13.664.156,00

 

Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos

12.614.156,00

 

Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)

1.050.000,00

 

Belanja Jasa Honorarium

5.963.245,00

 

Belania lasa Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan

 

5.963.245,00

 

Belanja Perjalanan Dinas

27.175.000,00

 

Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota

 

10.300.000,00

 

Belanja Perjalanan Dinas Luar Kabupaten/Kota

 

16.875.000,00

 

Belanja Modal

10.338.000,00

 

Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat

 

10.338.000,00

 

Belanja Modal Peralatan Elektronik dan Alat Studio

 

10.338.000,00

 

Penyediaan Tunjangan BPD

52.200.000,00

ADD

Belanja Pegawai

52.200.000,00

Tunjangan BPD

52.200.000,00

Tunjangan Kinerja BPD

52.200.000,00

Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintahan Desa

3.175.000,00

 

Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa

 

3.175.000,00

ADD

Belanja Barang dan Jasa

475.000,00

Belanja Jasa Honorarium

475.000,00

Belanja Jasa Honorarium Lainnya

475.000,00

Belanja Modal

2.700.000,00

Belanja Modal Gedung, Bangunan dan Taman

2.700.000,00

Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material

2.700.000,00

Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan

45.457.000,00

 

Penyusunan/Pendataan/Pemutakhiran Profil Desa (Dipilih)

33.457.000,00

DDS

Belanja Barang dan Jasa

16.457.000,00

Belanja Barang Perlengkapan

8.877.000,00

Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos

1.014.000,00

Belanja Barang Cetak dan Penggandaan

548.000,00

Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)

3.930.000,00

Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk

250.000,00

Belanja Barang Perlengkapan Lainnya

3.135.000,00

Belanja Jasa Honorarium

2.220.000,00

Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber

 

1.200.000,00

Belanja Jasa Honorarium Lainnya

1.020.000,00

Belanja Operasional Perkantoran

5.360.000,00

Belanja Operasional Perkantoran lainnya

5.360.000,00

Belanja Modal

17.000.000,00

Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat

 

17.000.000,00

Belanja Modal Peralatan Elektronik dan Alat Studio

 

17.000.000,00

Pengelolaan Adminstrasi dan Kearsipan Pemerintahan Desa

 

12.000.000,00

ADD

Belanja Barang dan Jasa

12.000.000,00

Belanja Jasa Honorarium

12.000.000,00

Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa

 

12.000.000,00

Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan

 

57.409.840.,00

Penyelenggaraan Musyawaran Desa Lainnya (Musdus, rembug desa Non Reguler)

 

 

1.860.000,00

 

 

DDS

Belanja Barang dan Jasa

1.860.000,00

 

Belanja Barang Perlengkapan

1.860.000,00

 

Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos

50.000,00

 

Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)

1.810.000,00

 

Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dil)

 

5.660.000,00

 

DDS

Belanja Barang dan Jasa

5.660.000,00

 

Belanja Barang Perlengkapan

4.610.000,00

 

Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos

1.130.000,00

 

Belanja Barang Cetak dan Penggandaan

1.880.000,00

 

Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)

 

1.600.000,00

 

Belanja Jasa Honorarium

1.050.000,00

 

Belanja Jasa Honorarium Petugas

1.050.000,00

 

Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, LPJ dll)

 

20.233.840,00

 

DDS

Belanja Barang dan Jasa

20.233.840,00

 

Belanja Barang Perlengkapan

16.483.000,00

 

Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos

9.621.000,00

 

Belanja Barang Cetak dan Penggandaan

5.102.000,00

 

Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)

 

1.760.000,00

 

Belanja Jasa Honorarium

750.840,00

 

Belanja Jasa Honorarium Petugas

750.840,00

 

Belanja Perjalanan Dinas

3.000.000,00

 

Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota

 

3.000.000,00

 

Pengembangan Sistem Informasi Desa

14.400.000,00

ADD

Belanja Barang dan Jasa

14.400.000,00

 

Belanja Jasa Honorarium

14.400.000,00

 

Belanja Jasa Honorarium Petugas

14.400.000,00

 

Dukungan Pelaksanaan & Sosialisasi Pilkades, Penyaringan dan Penjaringan Perangkat Desa, dan Pemilih

 

 

15.256.000,00

 

 

ADD

Belanja Barang dan Jasa

15.256.000,

Pihak Dipublikasikan Ya