Dakwaan |
PRIMAIR :
----- Bahwa ia Terdakwa SALMAN SIMEON selaku Pejabat Kepala Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala tahun 2015 s.d. tahun
2021 yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Bupati Donggala dengan Nomor: 188.45/0766/BPMPD/2015 tanggal 28 Desember 2015 tentang Pemberhentian Pejabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah periode 2015-2021 yang ditandatangani oleh Kasman Lassa selaku Bupati Kabupaten Donggala, pada waktu yang tidak dapat ditentukan lagi pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 bertempat di Kantor Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Palu yang berwenang memeriksa dan mengadili perkara berdasarkan ketentuan Pasal 35 ayat (2) Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bahwa “daerah hukum Pengadilan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi daerah hukum provinsi yang bersangkutan” dan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 153/KMA/SK/X/2011 tanggal 11 Oktober 2011 bahwa Pengadilan Negeri Palu ditunjuk sebagai Pengadilan Tindak Pidana Korupsi meliputi daerah hukum Provinsi Sulawesi Tengah, “telah melakukan beberapa perbuatan secara berlanjut sehingga merupakan beberapa kejahatan yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara”, yang dilakukan Terdakwa SALMAN SIMEON dengan cara sebagai berikut : ------------------------
- Bahwa pada tahun 2019, Pemerintah Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah menerima anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 1.342.540.000,- (satu milyar tiga ratus empat puluh dua juta lima ratus empat puluh ribu rupiah) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terdiri dari Dana Desa sebesar Rp. 866.800.000,- dan dana non DD sebesar Rp. 475.740.000,- (Empat ratus tujuh puluh lima juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah). Kemudian dari Dana Desa sebes`ar Rp. 866.800.000,- (Delapan ratus enam puluh enam juta delapan ratus ribu rupiah) tersebut dialokasikan sebesar Rp.349.140.400,- (Tiga ratus empat puluh sembilan juta seratus empat puluh ribu empat ratus rupiah) untuk belanja Kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/ Prasarana Posyandu/Polindes/PKD. Adapun rincian anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 1.342.540.000,- (satu milyar tiga ratus empat puluh dua juta lima ratus empat puluh ribu rupiah) yakni sebagai berikut :
NO.
|
URAIAN KEGIATAN
|
ANGGARAN (Rp)
|
KETERANGAN
|
1
|
PENDAPATAN
- Pendapatan Asli Desa
- Pendapatan Transfer
|
20.000.000,00
1.322.540.000,00
|
|
|
JUMLAH PENDAPATAN
|
1.342.540.000,00
|
|
2
|
BELANJA
BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAH DESA
Penyelenggaraan Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintah Desa
- Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
Belanja Pegawai
- Penyediaan Penghasilan tetap dan tunjangan kepada Perangkat desa
Belanja Pegawai
- Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa
Belanja Barang dan Jasa
- Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll)
Belanja Barang dan jasa
Belanja Pegawai
- Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll)
Belanja Barang dan Jasa
- Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW
Belanja Barang dan Jasa
- Lain-lain Sub Bidang Siltap dan operasional Pemerintah Desa
Belanja Barang dan Jasa
Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintah Desa
- Penyediaan Sarana (Aset Tetap) Perkantoran/Pemerintahan
Belanja barang dan Jasa
Belanja modal
- Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan
- Pengelolaan Administrasi dan Kearsipan Pemerintah desa
Belanja Barang dan Jasa
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Sub Bidang Pendidikan
- Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah NonFormal Milik Desa (Honor,Pakaian dll)
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
Sub Bidang Kesehatan
- Penyelenggaraan Posyandu (mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insentif)
Belanja Barang dan Jasa
- Pembangunan/Rehabilitas/Peningkatan/ Pengadaan Sarana/Prasaarana Posyandu/Polindes/PKD.
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
- Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengerasan Jalan Usaha Tani.
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
- Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengerasan Jembatan Milik Desa.
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
- Pembuatan/Pemutakhiran Peta Wilayah dan Sosial Desa
Belanja Barang dan Jasa
Sub Bidang Kawasan Pemukiman
- Dukungan pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak layak Huni GAKIN
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
- Lain-lain Kegiatan Sub bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman
Belanja Barang dan Jasa
Sub Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup
- Lain-lain Kegiatan Sub Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Modal
Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
- Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (poster, Baliho dll)
Belanja Barang dan Jasa
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Sub Bidang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat
- Lain-lain Kegiatan Sub Bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat
Belanja Barang dan Jasa
Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan
- Pengiriman Kontingen Group Kesenian & Kebudayaan (Wakil Desa tkt.kec/kab/kot)
Belanja Barang dan Jasa
- Pemeliharaan Sarana Prasarana Kebudayaan, Rumah Adat dan Keagamaan
Belanja barang dan Jasa
Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat
Belanja Barang dan Jasa
- Pembinaan LKMDL/LPML/LPMD
Belanja Barang dan Jasa
Belanja Barang dan Jasa
- Pembinaaan Lembaga Keagamaan (Pegawai Syara, Pemangku,Pendeta DL
Belanja Barang dan Jasa
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa
- Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan
Belanja Barang dan Jasa
- Lain-lain Kegiatan Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa
Belanja Barang dan Jasa
|
394.110.000,00
319.018.000,00
30.000.000,00
30.000.000,00
155.640.000,00
155.640.000.00
7.704.000,00
7.704.000,00
48.065.500,00
48.065.500,00
43.200.000,00
43.200.000,00
4.168.500,00
4.168.500,00
15.840.000,00
15.840.000,00
14.400.000,00
14.400.000,00
39.762.000,00
18.792.000,00
3.500.000,00
15.292.000,00
20.970.000,00
6.905.000,00
14.065.000,00
12.000.000,00
23.330.000,00
23.330.000,00
877.338.000,00
53.330.000,00
53.330.000,00
34.130.000,00
19.200.000,00
377.720.000,00
28.580.000,00
28.580.000,00
349.140.000,00
105.433.000,00
243.707.400,00
272.113.000,00
180.090.000,00
125.645.000,00
54.445.000,00
57.023.000,00
16.038.000,00
40.985.000,00
35.000.000,00
35.000.000,00
126.949.600,00
105.949.600,00
21.209.600,00
84.740.000,00
21.000.000,00
21.000.000,00
45.000.000,00
45.000.000,00
20.000.000,00
25.000.000,00
2.225.000,00
2.225.000,00
2.225.000,00
95.429.980,00
16.830.000,00
16.830.000,00
16.830.000
22.800.000,00
13.800.000,00
13.800.0000
9.000.000,00
9.000.000,00
55.799.980,00
4.000.000,00
4.000.000,00
9.067.188,00
9.067.188,00
10.932.792,00
10.932.792,00
31.800.000,00
31.800.000,00
39.462.000,00
39.462.000,00
30.000.000,00
30.000.000,00
9.462.000,00
9.462.000,00
|
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
ADD
DDS
DDS
DDS
DDS
DDS
DDS
DDS
DDS
DDS
ADD
ADD
ADD
ADD
PAD
PAD
ADD
DDS
DDS
|
|
JUMLAH BELANJA
|
1.406.399.980,00
|
|
|
SURPLUS / (DEFISIT)
|
(63.799.980,00)
|
|
|
PEMBIAYAAN
Penerimaan Pembiayaan
|
63.800.000,00
|
|
|
PEMBIAYAAN NETTC
|
63.800.000,00
|
|
|
3
|
4
|
5
|
|
SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN
|
20,00
|
|
- Bahwa berdasarkan Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Pemerintah Desa Mbulawa T.A. 2019 Tahap I, II dan Tahap III untuk belanja kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengadaan Sarana/Prasarana Polindes/PKD yang bersumber dari Dana Desa (DD) dengan anggaran sebesar Rp.349.140.400,00 (Tiga ratus empat puluh sembilan juta seratus empat puluh ribu empat ratus rupiah) dengan uraian sebagai berikut :
- Tahap I sejumlah Rp.9.433.000,00 (Sembilan juta empat ratus tiga puluh tiga ribu rupiah);
- Tahap II sejumlah Rp.86.909.300,00 (Delapan puluh enam juta sembilan ratus sembilan ribu tiga ratus rupiah);
- Tahap III sejumlah Rp. 244.953.100,00 (Dua ratus empat puluh empat juta sembilan ratus lima puluh tiga ribu seratus rupiah).
dan telah terealisasi sebesar Rp.341.295.400,00, sedangkan anggaran sebesar Rp.7.845.000,00 atas belanja modal pengadaan alat kesehatan berdasarkan laporan tahap III dialihkan untuk kegiatan pemeliharaan jalan desa yang dapat diuraikan sebagai berikut:
Kode Rek.
|
Uraian
|
APBDes 2019
|
Berdasarkan dokumen Laporan Realisasi Dana Desa (DDS)
|
Selisih
|
Tahap I
|
Tahap II
|
Tahap III
|
Jumlah
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7=4+5+6)
|
(8=3-7)
|
02.02.09
|
Pembangunan/Rehabilitasi/ Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana
Posyandu/Polindes/PKD
|
349.140.400,00
|
9.433.000,00
|
86.909.300,00
|
244.953.100,00
|
341.295.400,00
|
7.845.000,00
|
|
Belanja Barang dan Jasa
|
105.433.000,00
|
9.433.000,00
|
200.000,00
|
95.800.000,00
|
105.433.000,00
|
0,00
|
|
Upah Kerja
|
92.800.000,00
|
0,00
|
0,00
|
92.800.000,00
|
92.800.000,00
|
0,00
|
|
Honorarium Tim Panit ia/Pengelola
|
3.000.000,00
|
0,00
|
0,00
|
3.000.000,00
|
3.000.000,00
|
0,00
|
|
Belanja Honor Lainnya
|
9.433.000,00
|
9.433.000,00
|
0,00
|
0,00
|
9.433.000,00
|
0,00
|
|
Belanja Dekorasi dan Dokumentasi
|
200.000,00
|
0,00
|
200.000,00
|
0,00
|
200.000,00
|
0,00
|
|
Belanja Modal
|
243.707.400,00
|
0,00
|
86.709.300,00
|
149.153.100,00
|
235.862.400,00
|
7.842.000,00
|
|
Belanja Modal Bahan dan
Materail
|
235.862.400,00
|
0,00
|
86.709.300,00
|
149.153.100,00
|
235.862.400,00
|
0,00
|
|
Belanja Modal Pengadaan Alat Kesehatan
|
7.845.000,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
7.845.000,00
|
Adapun uraian atas realisasi pembayaran adalah sebagai berikut:
-
- Berdasarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahap I T.A. 2019 sumber Dana Desa (DD) sampai dengan 31 Agustus 2019 realisasi pembayaran untuk kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/ Pengadaan Sarana/ Prasarana Polindes/PKD sebesar Rp.9.433.000,00 dengan bukti pembayaran sebagai berikut:
- Kwitansi pembayaran biaya pembuatan RAB dan Desain Gambar dibayarkan oleh Bendahara Desa (saksi Mardani) mengetahui PPKD (Sdr. Nurlina) kepada saksi Lukman (konsultan/tenaga teknis) sebesar Rp9.433.000,00 dipotong pajak (PPh) sebesar Rp565.980,00 diterima bersih sebesar Rp8.867.020,00 tanggal dan bulan kosong tahun 2019;
- Bukti pembayaran nomor 00006/KWT/01.2014/2019 tanggal 4 Juli 2019 sebagai penerima saksi Lukman yang memberikan saksi Mardani (Kaur Keuangan) seb esar Rp.9.433.000,00 dipotong pajak (PPh) sebesar Rp.565.980,00 terima bersih sebesar Rp.8.867.020,00 untuk pembayaran Pembuatan RAB dan Desain Gambar.
- Sesuai Laporan Realisasi Dana Desa (DDS) Tahap II 2019 Sumber Dana Desa sampai dengan 31 Desember 2019 realisasi pembayaran untuk kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/ Prasarana Polindes/PKD adalah sebesar Rp96.342.300,00, dengan perincian sebagai berikut:
No.
|
Uraian
|
Rp
|
Tahap I
|
|
|
Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan
|
9.433.000,00
|
Tahap II
|
|
1
|
Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk
|
200.000,00
|
2
|
Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman
|
86.709.300,00
|
|
Sub Jumlah
|
86.909.300,00
|
|
Jumlah
|
96.342.300,00
|
Nota/bukti/dokumen pembayaran tahap II sebesar Rp.86.709.300,00 tidak ada (hanya berupa rekapitulasi).
-
- Berdasarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahap III T.A. 2019 sumber dana Dana Desa (DD) sisa pembayaran kegiatan Pembangunan/ Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana Polindes/PKD tahun 2019 sebesar Rp.244.953.100,00 sampai dengan 31 Januari 2020 telah dibayarkan seluruhnya, sesuai Surat Permintaan Pembayaran Nomor 0014/SPP/01.2014/2020 Tanggal 11 Januari 2020 sebesar Rp.244.953.100,00 yang ditandatangani oleh Pelaksana Kegiatan ”Saksi Suarni”, diverifikasi oleh Sekretaris Desa ”Saksi Hasiding”, dibayar Lunas oleh Kaur Keuangan ”Saksi Ni Made Meri Setyaningsih” dan disetujui oleh Terdakwa SALMAN SIMEON selaku Kepala Desa Mbulawa, Kec. Rio Pakava, Kab. Donggala, dengan perincian pembayaran sebagai berikut:
No.
|
Kutansi Nomor
|
Pembayaran
|
Nilai
|
PPn
|
PPh
|
Diterima
|
Penerima
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7=4-5-6)
|
(8)
|
1
|
00023/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Honor TPK 3 Org
|
3.000.000,00
|
0,00
|
180.000,00
|
2.820.000,00
|
I Wayan Losen
|
2
|
00024/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Pekerja
|
44.160.000,00
|
0,00
|
0,00
|
44.160.000,00
|
…...
|
3
|
00025/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Tukang
|
44.640.000,00
|
0,00
|
0,00
|
44.640.000,00
|
…...
|
4
|
00026/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Mandor
|
4.000.000,00
|
0,00
|
0,00
|
4.000.000,00
|
…...
|
5
|
00027/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Belanja Bahan baku/Material Non Pabrikasi
|
58.600.000,00
|
0,00
|
1.065.455,00
|
57.534.545,00
|
Agus
|
6
|
00028/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Belanja Bahan baku/Material Pabrikasi
|
87.303.100,00
|
7.936.646,00
|
1.190.497,00
|
78.175.957,00
|
Agus
|
7
|
00029/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Pembayaran Pembuatan
Prasasti
|
750.000,00
|
0,00
|
0,00
|
750.000,00
|
Agus
|
8
|
00098/KWT/01.2014/2020,
Tanggal 11/1/2020
|
Pembayaran Pembuatan
Papan Nama Pustu
|
2.500.000,00
|
227.273,00
|
45.455,00
|
2.227.272,00
|
Agus
|
|
Jumlah
|
|
244.953.100,00
|
8.163.919,00
|
2.481.407,00
|
234.307.774,00
|
|
- Selanjutnya Terdakwa SALMAN SIMEON sebagai Kepala Desa Mbulawa. Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah menerbitkan Surat Keputusan Kepala Desa Mbulawa menetapkan struktur pemerintahan Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah sebagai berikut :
- Struktur pemerintahan Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2019 :
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Surat Keputusan
|
Masa Kerja
|
Nomor
|
Tanggal
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
Hasiding
|
Sekdes
|
424-01/SKB/DMB/I-2019
|
05 Januari 2019
|
1 Tahun
|
2
|
Wilson
|
Kasi Pemerintahan
|
424-02/SKP/DMB/I-2019
|
05 Januari 2019
|
1 Tahun
|
3
|
Suarni
|
Kasi Pelayanan
|
4
|
Mardani
|
Kaur Umum
|
424-02/SKP/DMB/I-2019
|
02 Januari 2019
|
1 Tahun
|
5
|
Ni Made Meri Setyaningsih
|
Kaur Keuangan
|
6
|
Imam Muliono
|
Kepala Dusun I
|
424-03/SKP/DMB/I-2019
|
05 Januari 2019
|
1 Tahun
|
7
|
Wayan Losen
|
Kepala Dusun II
|
8
|
Pardin Pesa
|
Kepala Dusun III
|
9
|
Ritnawati Kedoa
|
Kepala Dusun IV
|
10
|
Inar Royana
|
Operator Komputer
|
424-05/SKP/DMB/I-2019
|
05 Januari 2019
|
1 Tahun
|
- Selanjutnya Kepala Desa Mbulawa, Terdakwa SALMAN SIMEON pada tanggal 09 Januari 2019, dengan Keputusan Kepala Desa Mbulawa Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2019, memutuskan:
i.
|
Kesatu
|
:
|
Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) yang terdiri atas:
- Sekretaris Desa;
- Kepala Urusan dan Kepala Seksi; dan
- Kaur Keuangan.
yang namanya sebagaimana tercantum dalam lampiran
yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Keputsan Kepala Desa ini.
|
ii.
|
Kedua
|
:
|
PPKD sebagaimana dimaksud pada Diktum Kesatu menerima pelimpahan sebagian kekuasaan pengelolaan keuangan desa dari Kepala Desa selaku Pemegang
Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD).
|
Sesuai lampiran Keputusan Kepala Desa Mbulawa tersebut, susunan PPKD adalah sebagai berikut:
No.
|
Nama
|
Jabatan Dalam PPKD
|
Jabatan Dalam
Pemerintah Desa
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
1
|
Hasiding
|
Koordinator
|
Sekretaris Desa
|
2
|
Mardani
|
Bendahara
|
Kaur Keuangan
|
3
|
Amos Kohe
|
Pelaksana Kegiatan Penyelenggaraan
Pemerintahan
|
Kasi Pemerintahan
|
4
|
Nurlina
|
Pelaksana Kegiatan Bidang Pelaksanaan
Pembangunan
|
Kaur Kasi Pelayanan
|
5
|
Amos Kohe
|
Pelaksana Kegiatan Bidang Pembinaan
Kemasyarakatan
|
Kasi Pemerintahan
|
6
|
Nurlina
|
Pelaksana Kegiatan Bidang Pemberdayaan
Masyarakat
|
Kasi Pelayanan
|
- Struktur pemerintahan Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2021 :
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Surat Keputusan
|
Nomor
|
Tanggal
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1
|
Ni Made Meri Setyaningsih
|
Sekdes
|
140/01/Ds. MBLW/
Kec. Rio Pakava
|
16 Juni 2021
|
2
|
Mardani
|
Kepala Urusan
Keuangan
|
140/02/Ds. MBLW/
Kec. Rio Pakava
|
16 Januari 2021
|
3
|
Wilson
|
Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan
|
140/03/Ds.MBLW/
Kec. Rio Pakava
|
16 Juni 2021
|
4
|
Sely Kamase
|
Kepala Urusan Tata Usaha
|
140/05/Ds.MBLW/
Kec. Rio Pakava
|
16 Juni 2021
|
5
|
Imam Muliono
|
Kepala Ds I
|
140/08/Ds.MBLW/
Kec.Rio Pakava
|
10 Januari 2016
|
6
|
Wayan Losen
|
Kepala Ds II
|
7
|
Pardin Pesa
|
Kepala Ds III
|
8
|
Suarni
|
Kepala Ds IV
|
9
|
Ita Purnama Sari/Wati
|
Operator Komputer
|
140/16/Ds.MBLW/
Kec. Rio Pakava
|
10 Januari 2021
|
- Bahwa pada tanggal 4 April 2021 Kepala Desa Mbulawa Terdakwa SALMAN SIMEON dengan Keputusan Kepala Desa Mbulawa Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2021 memutuskan susunan PPKD sebagai berikut:
No.
|
Nama
|
Jabatan Dalam PPKD
|
Jabatan Dalam Pemerintah Desa
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
1
|
Wilson
|
Koordinator
|
Sekretaris Desa
|
2
|
Mardani
|
Bendahara
|
Kaur Keuangan
|
3
|
Ridnawati
Kedoa
|
Pelaksana Kegiatan
|
Kasi Pemerintahan
|
4
|
Masna M Noor
|
Pelaksana Kegiatan
|
Kasi Kaur Pelayanan
|
5
|
Suarni
|
Pelaksana Kegiatan
|
Kaur Tata Usaha
|
- Struktur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Mbulawa, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
Nikodemus Mandayo
|
Ketua BPD
|
2.
|
Semuel R
|
Sekretaris
|
3.
|
Wayan Aryana
|
Anggota
|
4.
|
Agusnawan
|
Anggota
|
5.
|
Haja
|
Anggota
|
- Bahwa pada tahun 2021, berdasarkan Peraturan Kepala Desa Mbulawa Nomor 4 Tahun 2021 tanggal 4 April 2021 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Peraturan Kepala Desa Mbulawa Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala Nomor 6 Tahun 2021 tanggal 11 Oktober 2021 tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Mbulawa Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp.1.273.077.000,00 dengan uraian sebagai berikut :
Uraian Kegiatan
|
Anggaran (Rp.)
|
Sumber Dana
|
PENDAPATAN
Pendapatan Asli Desa
|
20.000.000,00
|
|
Hasil Usaha Desa
|
20.000.000,00
|
|
Lain-lain Hasil Usaha Desa
|
20.000.000,00
|
|
Pendapatan Transfer
|
1.253.077.000,00
|
|
Dana Desa
|
829.077.000,00
|
|
Dana Desa
|
829.077.000,00
|
|
Alokasi Dana Desa
|
424.000.000,00
|
|
Alokasi Dana Desa
|
424.000.000,00
|
|
Jumlah Pendapatan
|
1.273.077.000,00
|
|
BELANJA
Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa
|
479.112.241,00
|
|
Penyelenggaran Belanja Siltap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa (Maksimal 30% untuk kegiatan)
|
373.070.401,00
|
|
Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
|
40.200.000,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
40.200.000,00
|
|
Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
|
40.200.000,00
|
|
Penghasilan Tetap Kepala Desa
|
29.400.000,00
|
|
Tunjangan Kepala Desa
|
10.800.000,00
|
|
Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa
|
223.800.000,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
223.800.000,00
|
|
Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa
|
223.800.000,00
|
|
Penghaslan Tetap Perangkat Desa
|
223.800.000,00
|
|
Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD, Perlengkapan Perkantoran, pakaian
|
56.870.401,00
|
ADD, PBH
|
Belanja Barang dan Jasa
|
46.532.401,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
13.664.156,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
12.614.156,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
1.050.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
5.963.245,00
|
|
Belania lasa Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan
|
5.963.245,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas
|
27.175.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota
|
10.300.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas Luar Kabupaten/Kota
|
16.875.000,00
|
|
Belanja Modal
|
10.338.000,00
|
|
Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat
|
10.338.000,00
|
|
Belanja Modal Peralatan Elektronik dan Alat Studio
|
10.338.000,00
|
|
Penyediaan Tunjangan BPD
|
52.200.000,00
|
ADD
|
Belanja Pegawai
|
52.200.000,00
|
Tunjangan BPD
|
52.200.000,00
|
Tunjangan Kinerja BPD
|
52.200.000,00
|
Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintahan Desa
|
3.175.000,00
|
|
Pemeliharaan Gedung/Prasarana Kantor Desa
|
3.175.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
475.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium
|
475.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium Lainnya
|
475.000,00
|
Belanja Modal
|
2.700.000,00
|
Belanja Modal Gedung, Bangunan dan Taman
|
2.700.000,00
|
Belanja Modal Gedung, Bangunan, Taman - Bahan Baku/Material
|
2.700.000,00
|
Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan
|
45.457.000,00
|
|
Penyusunan/Pendataan/Pemutakhiran Profil Desa (Dipilih)
|
33.457.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
16.457.000,00
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
8.877.000,00
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
1.014.000,00
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
548.000,00
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
3.930.000,00
|
Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk
|
250.000,00
|
Belanja Barang Perlengkapan Lainnya
|
3.135.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium
|
2.220.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium Tenaga Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber
|
1.200.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium Lainnya
|
1.020.000,00
|
Belanja Operasional Perkantoran
|
5.360.000,00
|
Belanja Operasional Perkantoran lainnya
|
5.360.000,00
|
Belanja Modal
|
17.000.000,00
|
Belanja Modal Pengadaan Peralatan, Mesin dan Alat Berat
|
17.000.000,00
|
Belanja Modal Peralatan Elektronik dan Alat Studio
|
17.000.000,00
|
Pengelolaan Adminstrasi dan Kearsipan Pemerintahan Desa
|
12.000.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
12.000.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium
|
12.000.000,00
|
Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa
|
12.000.000,00
|
Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan
|
57.409.840.,00
|
Penyelenggaraan Musyawaran Desa Lainnya (Musdus, rembug desa Non Reguler)
|
1.860.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
1.860.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
1.860.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
50.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
1.810.000,00
|
|
Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dil)
|
5.660.000,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
5.660.000,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
4.610.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
1.130.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
1.880.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
1.600.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
1.050.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
1.050.000,00
|
|
Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, LPJ dll)
|
20.233.840,00
|
DDS
|
Belanja Barang dan Jasa
|
20.233.840,00
|
|
Belanja Barang Perlengkapan
|
16.483.000,00
|
|
Belanja Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
|
9.621.000,00
|
|
Belanja Barang Cetak dan Penggandaan
|
5.102.000,00
|
|
Belanja Barang Konsumsi (Makan/Minum)
|
1.760.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
750.840,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
750.840,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas
|
3.000.000,00
|
|
Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota
|
3.000.000,00
|
|
Pengembangan Sistem Informasi Desa
|
14.400.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
14.400.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium
|
14.400.000,00
|
|
Belanja Jasa Honorarium Petugas
|
14.400.000,00
|
|
Dukungan Pelaksanaan & Sosialisasi Pilkades, Penyaringan dan Penjaringan Perangkat Desa, dan Pemilih
|
15.256.000,00
|
ADD
|
Belanja Barang dan Jasa
|
15.256.000, |
Pihak Dipublikasikan |
Ya |
|